Huruf bergerak

MARI KITA BERBAGI ILMU PENGAETAHUAN MAUPUN PENGALAMAN SELAMAT DATANG DI HOTSPOT-GRAHAKMK.BLOGSPOT.COM SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Rabu, 22 Agustus 2012

Perbedaan IPv4 dan IPv6

Perbedaan IPv4 dan IPv6

Kayanya Protokol IP mulai dialihkan nih dari IPv4 ke IPv6. Lalu apa bedanya IPv6 dibandingkan IPv4? Selidik punya selidik, setelah cukup lama googling akhirnya nemu jawabanya (walaupun belum tentu bener :D ). Nah sekarang saya akan coba menbeberkan perbedaannya.Menurut sumber wikipedia.org, IPv6 adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang memiliki kapasitas 128-bit. Protokol IP dibagi menjadi 8 blok yang masing-masing berukuran 16-bit dan dipisahkan oleh tanda : (titik dua). Pengalamatannya sendiripun menggunakan hexadecimal (e.g. 21DA:00D3:0000:2F3B:02AA:00FF:FE28:9C5A). Nah kelebihan yang saya temukan yaitu kemampuan untuk pesederhanaan dengan membuang angka 0 pada awal setiap blok yang berukuran 16-bit di atas. Jika alamat diatas disederhanakan maka akan menjadi 21DA:D3:0:2F3B:2AA:FF:FE28:9C5A. Berbeda sekali bukan dengan IPv4 yang terdiri dari 4 blok yang berukuran 8-bit dan dipisahkan oleh tanda . (titik).
Jika pada IPv4 ada pembagian alamat menjadi 5 kelas,
  • Kelas A : range 1-126
  • Kelas B : range 128-191
  • kelas C : range 192-223
  • kelas D : range 224-247
  • kelas E : range 248-255
pada IPv6 tidak dikenal istilah pengkelasan, hanya IPv6 menyediakan 3 jenis pengalamatan yaitu: Unicast, Anycast dan Multicast.
Alamat Unicast yaitu alamat yang menunjuk pada sebuah alamat antarmuka atau host, digunakan untuk komunikasi satu lawan satu. Pada alamat unicast dibagi 3 jenis lagi yaitu: alamat link local, alamat site local dan alamat global. Alamat link local adalah alamat yang digunakan di dalam satu link yaitu jaringan local yang saling tersambung dalam satu level. Sedangkan alamat Site local setara dengan alamat privat, yang dipakai terbatas di dalam satu site sehingga terbatas penggunaannya hanya didalam satu site sehingga tidak dapat digunakan untuk mengirimkan alamat diluar site ini. Alamat global adalah alamat yang dipakai misalnya untuk Internet Service Provider.
Alamat Anycast adalah alamat yang menunjukkan beberapa interface (biasanya node yang berbeda). Paket yang dikirimkan ke alamat ini akan dikirimkan ke salahsatu alamat antarmuka yang paling dekat dengan router. alamat anycast tidak mempunyai alokasi khusus, cos’ jika beberapa node/interface diberikan prefix yang sama maka alamat tersebut sudah merupakan alamat anycast.
Alamat Multicast adalah alamat yang menunjukkan beberapa interface (biasanya untuk node yang berbeda). Paket yang dikirimkan ke alamat ini maka akan dikirimkan ke semua interface yang ditunjukkan oleh alamat ini. alamat multicast ini didesain untuk menggantikan alamat broadcast pada IPv4 yang banyak mengkonsumsi bandwidth.
Nah mungkin itu perbedaannya menurut saya sendiri. Bagaimana dengan anda? :D

Total Tayangan Halaman

Pengikut